Call/WA 0812-1622-9899, Tukang Ledeng di Malang

Call/WA 0812-1622-9899, Tukang Ledeng di Malang



Tukang Pipa Ledeng Malang – kami menawarkan jasa pemasangan pipa ledeng atau pembongkaran pipa ledeng untuk wilayah malang dan sekitarnya. Adapun jasa yang kami tawarkan antara lain :


·         Bangun atau renovasi

·         Bongkar pasang dan perbaikan talang

·         Waterproofing

·         Pengecatan

·         Pemasangan keramik

·         Pemasangan pipa ledeng

·         Dll


Adapun pengertian dari pipa ledeng sebagai berikut :


Perpipaan ledeng kadang disebut Plambing adalah sistem perpipaan yang terdiri dari pipa, fitting, katup dan perlengkapan penunjang yang digunakan untuk mengalirkan air minumfluida untuk pemanas ruangan, dan limbah. Seseorang yang memasang ataupun memperbaiki sistem pipa, pipa perlengkapan dan peralatan seperti pemanas air pada umumnya dikenal sebagai tukang ledeng. Urusan perpipaan ledeng adalah kebutuhan dasar dan penting dalam sebuah perkembangan perekonomian karena kebutuhan air bersih, sanitasi dan pembuangan limbah.

Secara khusus, pengertian plambing merupakan sistem perpipaan di dalam bangunan yang meliputi sistem perpipaan untuk :


     1.       penyediaan air minum


     2.       penyaluran air buangan dan ven


     3.       penyediaan air panas


     4.       penyaluran air hujan


     5.       pencegahan kebakaran


     6.       penyediaan gas


     7.       AC (air conditioner)


Plumbing atau plambing mempunyai sasaran sebagai berikut :


1.       sanitasi, menciptakan kesehatan masyarakat

2.       kenyamanan pemakai

3.       menciptakan rasa aman


Fungsi dari plumbing antara lain :


·         sebagai sistem penyediaan air minum, menyediakan air minum ke tempat yang dikehendaki dengan tekanan yang cukup 
·         sebagai penyaluran air buangan


Jenis – jenis peralatan plumbing antara lain :


·         peralatan untuk penyediaan air panas 
·         peralatan untuk penyediaan air bersih/ air minum 
·         peralatan untuk pembuangan


syarat dari perencanaan plumbing :


1.       Sistem harus efektif dan efisien

2.       pipa mudah dirawat dan diperbaiki

3.       mudah dilakukan pemeriksaan

4.       tidak mengganggu estetika

5.       memperhatikan aspek kesehatan

6.       tidak mengganggu struktur bangunan

7.       pilih yang murah tapi berkualitas

8.       minimalkan tikungan


Tahapan perencanaan dari plumbing :


1.       mengetahui fungsi bangunan

2.       penetapan jenis peralatan plambing

3.       rencana jaringan pipa

4.       penetapan dimensi pipa (dimensioning)

5.       .rencana peletakan peralatan plambing

6.       Penggambaran


Pemasangan peralatan plumbing :


1. Pemasangan kasar

      yaitu peralatan plambing dipasang bersamaan dengan berkembangnya konstruksi bangunan

2.  Pemasangan halus

        yaitu pemasangan peralatan plambing dilakukan setelah konstruksi bangunan selesai. sehingga menghindari terjadinya kerusakan peralatan plambing akibat pembangunan konstruksi.
Jenis – jenis dan sistem plumbing :

·         

                 SISTEM PENYAMBUNGAN LANGSUNG


Yaitu pipa distribusi dalam rumah atau gedung disambungkan secara langsung dengan pipa utama.

·        


 SISTEM DENGAN MENGGUNAKAN TANGKI ATAP (ROOF TANK)


Sistem ini biasanya digunakan untuk rumah atau gedung - gedung bertingkat, dimana tekanan air di pipa utama tidak mampu untuk memenuhi semua ruang.

Air dari pipa utama di tamping di tangka bawah (Ground Tank), dengan menggunakan pompa, lalu ditekan ke tangki atas, hal ini biasa disebut instalasi pipa transfer. Dari tangki atas disalurkan ke semua ruang bisa dengan cukup gaya gravitasi maupun dengan penambahan pompa.


Call/WA 0812-1622-9899

·      


   SISTEM DENGAN MENGGUNAKAN TANGKI TEKAN


Berbeda dengan sistem yang menggunakan tangki atas, pada sistem ini hanya memerlukan yaitu tangki bawah (ground tank) untuk menampung air dari pipa utama, kemudian ditekan dengan menggunakan pompa ke seluruh instalasi untuk semua ruang. Pada sistem ini biasanya diterapkan pada perumahan dan gedung tidak beringkat.

Pada pompa ditambahkan bejana atau tangki tertutup sehingga udara di dalamnya terkompresi, kompresi ini juga untuk memberikan tekanan standby pada jaringan instalasi, jika pada penggunaan air relatif sedikit tidak memerlukan penyalaan pompa.


 

·         SISTEM MENGGUNAKAN BOSSTER PUMP SECARA LANGSUNG.


Pada Sebuah pompa di sambungan langsung dari pipa utama sebagai discharge-nya atau inputnya, dan bagian keluaran atau suction pompa langsung masuk instalasi rumah atau gedung. Namun pada sistem ini sangat dilarang penyedia pasokan air, semisal PDAM.


 

Pembagian dari plumbing :


·         INSTALASI PLUMBING UNTUK AIR BERSIH


Instalasi ini berfungsi untuk menyalurkan media air yang bersih ataupun layak pakai, misalkan untuk kebutuhan memasak, mandi, cuci pakaian dan lain – lain.

Instalasi air bersih di gedung dibagi menjadi :

  1. Instalasi Suplai Air bersih, dan
  2. Instalasi Distribusi Air bersih

·       


  INSTALASI PLUMBING UNTUK AIR BEKAS


Instalasi air bekas adalah sebuah instalasi plumbing yang menyalurkan air bekas dari pemakaian, misalnya dari : wastafel, air mandi, dan lain – lain.

Arah dari aliran air bekas ini tergantung perencanaan, yaitu harus bisa diproses dulu demi kelayakan buang ke saluran kota, atau langsung dibuang. Beberapa gedung yang memisahkan antara instalasi pemakaian umum dengan pemakaian khusus, misalkan air bekas dari dapur restaurant dan lian – lain. Yang banyak mengandung minyak dan bekas dari masakan.

Pemakaian water trap mungkin solusi lainnya.


·         INSTALASI PLUMBING UNTUK AIR KOTOR


              Untuk air yang dibuang dari closet, urinoir, dan pemakaian khusus seperti minyak bekas dari dapur restaurant yang juga memerlukan penanganan khusus masuk pada instalasi air kotor.

Arah aliran pada air kotor sesuai peraturan harus ke unit proses pengolahan agar layak dibuang ke saluran kota. Penggunaan dari STP untuk gedung dengan kapasitas pembuangan air kotor yang tinggi sangat diperlukan. Dan Sementara itu untuk perumahan cukup menggunakan septiktank.

·         INSTALASI PLUMBING UNTUK VENT

             Sebuah Instalasi ini yang kurang dipahami oleh banyak orang, secara fungsi instalasi ini juga berguna untuk mengisi udara pada instalasi air kotor dan air bekas.

Kenapa buangan air kotor dan air bekas tidak lancar? Salah satu penyebabnya ialah tidak ada instalasi pipa vent, selain karena dengan masalah yang lain. Pada saat ini terjadi pembuangan air kotor atau air bekas ke instalasi pipa air kotor dan air bekas, terjadi karena gaya tarik dari bumi (gravitasi), ada beberapa titik pada instalasi air kotor yang dapat menyebabkan terjadi vakum, hal ini biasanya ber-efek misalkan pada closet atau urinoir mengeluarkan gelembung - gelembung yang sebenarnya bukan mengeluarkan, justru sangat membutuhkan udara untuk mengisi ruang vakum tersebut. Kotoran dan lain-lain di dalam pipa air kotor ini akan tertahan karenanya.

Penambahan instalasi pipa vent juga akan mengatasi hal itu yaitu memasukkan udara bebas ke ruang vakum dan air kotor atau bekas akan secara bebas mengikuti gaya gravitasi bumi.

Air vent harus selalu pada posisi atas untuk menghindari masuknya air ke dalam pipa vent itu sendiri. Untuk gedung bertingkat pipa vent mengambil udara dari atap yang tertinggi gedung.


·         INSTALASI PLUMBING UNTUK AIR HUJAN


Sebuah Instalasi pipa untuk menyalurkan air hujan dari atap, deck, kanopi, atau tempat yang menerima air hujan untuk disalurkan hingga saluran kota - kota.

Kami juga melayani jasa tukang bangunan. Untuk jasa tukang bangunan kami cukup berpengalaman di bidang ini. Kami melayani jasa tukang bangunan untuk wilayah Malang dan sekitarnya. Untuk order jasa langsung saja hubungi kami di jasahub.com 
Call/WA 0812-1622-9899

 bisa via telp/WA/sms. jasahub.com adalah marketplace jasa, yang menghubungkan antara pencari jasa dengan penyedia jasa profesional. Segera saja hubungi kami di jasahub.com.






 



Tidak ada komentar

jasahub.com. Diberdayakan oleh Blogger.