Call/WA 0812-1622-9899, TUKANG BANGUNAN SURABAYA





    Tukang Talang Surabaya – kami menawarkan jasa perbaikan atau pemasangan talang untuk wilayah surabaya dan sekitarnya. Adapun jasa pertukangan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :


    1.       Bongkar pasang talang

    2.       Perbaikan talang

    3.       Renovasi rumah, kantor, gudang, dll

    4.       Pembuatan sumur bor

    5.       Pemasangan pipa ledeng

    6.       Straus arde dan straus buat pondasi

Adapun pengertian dari talang adalah sebagai berikut :


  1.  Pengertian Talang
Talang adalah saluran buatan yang dibuat dari pasangan beton bertulang , kayu atau baja maupun beton ferrocement , didalamnya air mengalir dengan permukaan bebas, dibuatmelintas lembah dengan panjang tertentu (umumnya dibawah 100 m ) , saluran pembuang,sungai, jalan atau rel kereta api,dan sebagainya. Dan saluran talang minimum ditopang oleh dua pilar atau lebih dari konstruksi pasangan batu untuk tinggi kurang 1 meter ( beton bertulang pertimbangan biaya ) dan konstruksi pilar dengan beton bertulang untuk tinggi lebih 1 meter.

Potongan melintang Talang yaitu potongan melintang bangunan tersebut ditentukan oleh nilai banding b/h, dimana lebar bangunan dan h adalah kedalaman air. Nilai - nilai banding berkisar antara 1 - 3 yang menghasilkan potongan melintang hidrolis yang lebih ekonomis.

Kecepatan yang dipakai di dalam perencanaan Talang adalah kecepatan di dalam bangunan lebih tinggi daripada dengan kecepatan dipotongan saluran biasa. Tetapi, kemiringannya dan kecepatan dipilih sedemikian rupa sehingga tidak akan terjadikecepatan superkritis atau mendekati kritis, karena alirannya cenderung sangat tidak stabil. untuk nilai banding potongan yang melintang pada pasal 5.6.1, ini memberikan kemiringan maksimum I = 0,002.

Tinggi jagaan untuk air yang mengalir pada talang

Tinggi jagaan untuk air yang mengalir dalam talang atau flum yang didasarkan pada debit,kecepatan dan faktor - faktor lain. Harga – harga tinggi jagaan dapat diambil dari KP – 03 saluran, pada pasal 4.3.6 saluran pasangan. untuk talang yang melintas di sungai atau pembuang.
Tujuan pemasangan talang air :
Tujuannya, agar cucuran air ini tidak merembes masuk rumah, membasahi area lantai utama, atau merusak area di bawahnya. Dan oleh karena itu, biasanya talang air akan dipasang di pertemuan antar bidang atap pada sisi, atau tepi atap dan tembok.
Fungsi talang air :
  • untuk melindungi bangunan - bangunan dari air hujan yang jatuh dari atap dengan cara menampung lalu menyalurkan air ke saluran pembuangan air.

  • Talang air juga dapat membantu untuk mengurangi erosi yang ada tepat dibawah ujung atap, para pemilik bangunan atau gedung yang peduli dengan kondisi tamannya pasti akan menggunakan talang air ini untuk melindunginya.

  • Selain mengurangi erosi fungsi talang air ini adalah mengurangi kotoran yang jatuh dari atap gedung. Bisa kita bayangkan jika air kotor yang bercampur debu jatuh dari atap masuk kedalam kolam renang kita, maka jadwal pembersihan kolam kita semakin sering dikarenakan seringnya kotoran masuk kedalam kolam.

  • Fungsi lainnya yang sudah disebutkan diatas adalah mencegah kebocoran atap, hal ini banyak terjadi terutama pada bangunan bertingkat dimana atap lantai satu tepat berada dibawah ujung atap lantai dua gedung, sehingga air hujan yang berasal dari atap langsung mengenai atap yang ada dibawahnya.

  • Melindungi cat maupun noda permukaan dinding atau pintu dengan mengurangi paparan atau cipratan air hujan, mengurangi kelembapan area dalam rumah diakibatkan percikan dari air hujan terlalu jauh masuk kedalam rumah.

  • Selain kegunaan talang air yang sudah disebutkan diatas, talang air juga sangat efektif dalam menjaga daerah luar bangunan dengan mengarahkan air hujan ke saluran-saluran pembuangan air. Dengan berkurangnya daerah basah saat hujan maka ini juga akan berpengaruh terhadap kelembabannya sehingga membantu menjaga permukaan pintu, dinding dan lantai tetap kering sehingga bebas dari lumut, lendir, ganggang, kerak dan pertumbuhan lainnya mungkin menyebabkan permukaan menjadi licin dan kotor.

  • Dan yang terakhir tidak kalah penting ialah menyediakan sarana untuk mengumpulkan air hujan untuk digunakan nanti. Ini terjadi di daerah-daerah yang sulit air (red: air tanah).

Call/WA 0812-1622-9899, TUKANG BANGUNAN SURABAYA

   Jenis – jenis talang air :

·                Talang batu atau beton

Mungkin merupakan jenis talang yang paling awal digunakan manusia. Pada rumah modern, talang beton umumnya diletakkan pada persinggungan atap dengan pagar atau bangunan tetangga. Talang dari beton tentu merupakan yang terkuat dibanding bahan lainnya, tetapi harganya relatif mahal, pengerjaannya tidak mudah, dan kemampuan tahan airnya tergantung dari lapisan waterproofing yang digunakan.

·              Talang logam

Talang dari bahan dasar logam yang paling dikenal di Indonesia mungkin adalah talang seng atau zinc yang harganya murah, dijual dalam bentuk lembaran dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Kelemahan utama dari seng adalah umur dan daya tahannya terhadap cuaca, talang seng mudah terkena karat dan rusak dalam waktu relatif singkat. Pengganti talang seng adalah talang lembaran atau siap pakai dari bahan aluminium atau campuran zincalum yang sering disebut galvalum. Talang bahan logam lainnya seperti talang dari baja, timah atau tembaga tidak terlalu sering digunakan karena harganya yang cukup tinggi.

·                 Talang plastic

Talang dari bahan dasar plastik atau PVC, amat populer karena harganya yang murah dan mudah dipasang karena tersedia dalam bentuk siap pakai dalam berbagai ukuran. Kelemahan utama dari talang bahan ini adalah umur dan daya tahannya terhadap cuaca. Ekspos pada suhu panas dan dingin yang ekstrim akan membuat plastik kehilangan kelenturannya, menjadi getas dan akhirnya rapuh dan mudah retak atau patah. Walau harga murah, namun dengan umur 1-2 tahun saja, maka perlu dipertimbangkan jika anda menginginkan rumah yang low maintenance. Belakangan mulai muncul talang dari bahan fiberglass, tapi harganya relatif masih mahal dan pemasangannya tidak mudah, umumnya digunakan untuk pabrik atau bangunan besar.

Hal – hal yang dibutuhkan untuk memasang talang antara lain :


  1. Talang

  1. Sealant silicon

  1. Obeng/bor

  1. Sekrup lag

  1. Sekrup berukuran pendek

  1. Gunting besi

  1. Gergaji logam

  1. Penutup talang

  1. Kapur garis

  1. Meteran

  1. Pipa vertical

  1. Penyambung pipa vertikal (shock pipa)

  1. Penyangga talang

   Hal – hal yang harus diperhatikan untuk memasang talang air untuk rumah adalah :
·         Aliran Pembuangan

·            Volume wadah talang air  bertahan sampai keadaan cuaca yang se ekstrim mungkin

·             Bahan apa yang di pakai mulai dari foil dan pelapis.

·             Seberapa kuat rangka talang bertahan

·             Tampilan pemasangan.

Berikut tadi mengenai penjelasan singkat tentang talang air.


Kami juga melayani jasa tukang bangunan. Untuk jasa tukang bangunan kami cukup berpengalaman di bidang ini. Kami melayani jasa tukang bangunan untuk wilayah surabaya dan sekitarnya. Untuk order jasa langsung saja hubungi kami di jasahub.com di no telp 0812-1622-9899 bisa via telp/WA/sms. jasahub.com adalah marketplace jasa, yang menghubungkan antara pencari jasa dengan penyedia jasa profesional. Segera saja hubungi kami di jasahub.com. 

1 komentar:

  1. mungkin ada yang membutuhkan penanganan beton bocor seperti basement,pitlift,gwt stp ,sumpit,dag atap beton yang bocor,kamar mandi lantai atas yang bocor ke ruangan bawah,dan segala kebocoran beton bisa menghubungi kami lewat wa,sms,call di taufiq injeksi 081233764637 melayani surabaya & luar surabaya.

    BalasHapus

jasahub.com. Diberdayakan oleh Blogger.